grace's blog...!

Minggu, 31 Agustus 2008

SELECT PARTICULAR MARKET SECTOR & ASSESS THE PAST, CURRENT, FUTURE CUSTOMER USE OF INTERNET AS A MEDIUM TO SELECT & BUY PRODUCT....!

Saya memilih market dalam sektor entertainment terutama bidang β€œCINEMA” dalam pembelian tiket nonton film dan fasilitas pendukung lainnya yang terdapat dalam cinema tersebut.


DAHULU.....

sebut saja ketika tahun 2000 ke-bawah (ketika masih zaman keemasan bagi studio 21), pembelian tiket hanya dapat dilayani di loket-loket pembelian tiket saja. Calon penonton harus mengantri untuk membeli tiket dan untuk melihat jadwal film saja harus datang
langsung ke lokasi atau menggunakan media informasi Koran sebagai alternatif untuk mendapatkan informasinya. Selain itu, untuk mengetahui bagus tidaknya film disediakan poster-poster (terdapat di lokasi) yang berisi gambar-gambar cuplikan dari film tersebut atau paling tidak tahu dari orang lain (mouth to mouth) berdasarkan pengalaman mereka menonton film tersebut. Fasilitas yang disediakan hanya berupa cinema auditorium dan games station saja dengan games-games yang seadanya (Dingdong, Daytona, Time Crisis, dll).


SEKARANG.....
semuanya itu sudah mengalami peningkatan yang cukup drastis. Dimana jaman juga telah berkembang dengan pesat, maka ada baiknya jika cinema sebagai salah satu sektor entertainment juga mengikuti perkembangan jaman tersebut.
Sebut saja Blitz dan studio XXI yang saat ini sedang ”in” dalam persaingan menghadapi gaya hidup masyarakat dalam dunia one stop entertainment. Berbagai macam fasilitas di sediakan di sana, sebut saja cinema auditorium dalam berbagai kriteria, games (dengan fasilitas games masa kini seperti WII, PS3, dll), snacks, lounge, store, dsb.
Saat ini jika kita hendak mengetahui jadwal film, kita dapat mengakses langsung lewat internet maupun M-Fun (dari handphone). Jadwal pertunjukan film di berbagai tempat studio langsung dapat kita ketahui. Selain itu informasi (berupa text dan gambar) mengenai jalan cerita dari film yang ingin kita tonton juga dapat kita lihat di internet. Terkadang untuk beberapa film juga disediakan thriller-nya sehingga kita sudah mendapatkan gambaran mengenai jalan cerita dari film tersebut serta terdapat rating mengenai bagus/tidaknya dari film yang ditayangkan. Untuk pembelian tiket juga dapat kita lakukan melalui internet seperti contohnya: di Blitz Megaplex sebagai salah satu pendatang baru yang sedang gencar meningkatkan eksistensi di dunia hiburan di Indonesia disediakan Blitz Card sebagai media keanggotaan yang dapat digunakan untuk melakukan pembelian tiket nonton film di Blitz Megaplex (selain itu bagi perusahaan, Blitz Card juga digunakan sebagai CRM). Namun untuk saat ini masih hanya pemilik Blitz Card saja yang dapat melakukan pembelian tiket online, sedangkan untuk diluar pemilik Blitz Card pembelian masih di lakukan di lokasi. Dengan membeli tiket online, calon penonton tidak perlu mengantri panjang dan menunggu terlalu lama untuk jadwal film yang hendak di tonton. Selain itu, untuk mendapatkan informasi-informasi mengenai fasilitas-fasilitas lain yang ada di Blitz Megaplex ataupun di Studio XXI dapat diperoleh langsung dengan mengakses website mereka serta tersedia juga untuk layanan reservasi (namun sejauh ini masih berupa pemberi informasi saja belum dapat dilakukan transaksi-transaksi lain yang lebih mendetail, selain itu masih ditujukan bagi pemilik member card seperti Blitz Card saja).


KEDEPANNYA......

mungkin pembelian tiket dapat dilakukan lebih menyeluruh. Tidak hanya ditujukan kepada member saja tapi kepada seluruh pengakses melalui internet. Selain itu dapat juga dilakukan pembelian transaksi yang lebih mendetail seperti pembelian snacks (mungkin dapat diantar ke lokasi tempat duduk ketika film akan dimulai sehingga tidak perlu membuang waktu untuk mengantri panjang dan ketinggalan jalannya cerita), pembelian merchandise (barang-barang yang dijual dapat dilihat secara 3D), reservasi untuk lounge, meeting room, serta fasilitas-fasilitas lain yang disediakan oleh perusahaan cinema (mungkin selain gambar-gambar yang disediakan seperti yang ada pada websitenya sekarang ini, untuk meningkatkan nilai jual kedepannya dapat menggunakan 3D dengan sistem walk through sehingga untuk reservasi tempat dapat lebih dirasakan ambient ruangnya), dapat disediakan juga FAQ yang berisi kumpulan pertanyaan mengenai perusahaan cinema itu sendiri maupun mengenai film yang sedang ditayangkan sehingga dapat bermanfaat sebagai pusat informasi dan referensi bagi customer. Kedepannya sudah pasti customer akan lebih dimanjakan dan perusahaan akan berusaha keras untuk memperoleh customer satisfaction guna menghadapai persaingan yang demikian ketat dan penggunaan internet sudah pasti menjadi salah satu faktor utama untuk memperoleh customer satisfaction dimana masyarakat kita kedepannya akan aktif menggunakan internet dalam aktivitas kesehariannya sehingga dapat mempermudah dan meningkatkan keefisienan dan keefektifan customer.


Selain itu media internet ini juga sangat berguna bagi pihak perusahaan yakni sebagai E-Marketing dan E-Procurement untuk sistem pengadaan dan administrasi yang berkaitan dengan proses pengadaan akan kebutuhan yang diperlukan sehingga dapat lebih mudah, efisien dan efektif.


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda