grace's blog...!

Selasa, 05 Agustus 2008

WEBSITE UNTUK PERUSAHAAN RETAIL....? GIMANA CARANYA....?

Bagi perusahaan kecil dalam bidang retail yang mempunyai ekspansi pasar yang sudah cukup luas dan berkeinginan untuk berkembang dengan pemasaran dan layanan pelanggan yang memuaskan, kehadirannya di dunia online merupakan strategi yang sangat bagus. Disinilah saya akan mengulas sedikit mengenai website dan hubungannya dengan perusahaan retail.
Sebagai langkah awal ijinkan saya memperkenalkan terlebih dahulu…
Apa siy yang dimaksud dengan Website....?
Pada dasarnya website adalah sebuah cara untuk menampilkan diri kita di internet. Website adalah sebuah tempat di internet dimana siapa saja di dunia dapat mengunjunginya, kapan saja orang lain dapat mengetahui diri kita, memberi pertanyaan kepada kita, memberi kita masukan atau bahkan mengetahui dan membeli produk kita.

Sebenarnya apa siy kegunaan dari website...?
Dengan memiliki website di internet kita dapat:
  • Memperlebar ruang promosi.
  • Mempermudah komunikasi.
  • Berinteraksi dengan para pengunjung website.
  • e-PR (Electronic Public Relation) - membangun hubungan dengan pasar dan bisnis perusahaan dengan ampuh, cepat, dan luas.
  • Brand Imaging untuk perusahaan dan produk kita dengan pasar yang luas menjangkau seluruh dunia.

Sangat mudah membuat Website.. Berikut adalah langkah-langkahnya...

Langkah 1 :
Siapkan bahan, desain yang diinginkan & lengkapi website...!
Kita harus mengumpulkan bahan-bahan yang akan dimuat untuk website kita baik berupa text, gambar/foto, ataupun suara.
(Untuk perusahaan retail mungkin dapat menyangkut segala hal yang berhubungan dengan item/jenis barang yang dijual/ingin ditampilkan; baik berupa foto/gambar, informasi/data mengenai harga, kualitas, jenis, tipe,dsb dan segala hal yang menyangkut hal-hal apa saja yang akan ditampilkan di website tersebut...)

Langkah 2 :
Daftarkan domain kita & sediakan tempat hosting untuk website kita.

  • Domain - Nama situs kita atau alamat situs. misalnya www.retailcompany.com , atau www.terserahgwdong.com. Domain bisa di dapat atau di beli dengan cara di daftarkan di jasa register domain, biaya nya juga termasuk murah (info yang terakhir saya dapat rata-rata sekitar 100 ribu untuk 1 domain selama 1 tahun).
  • Hosting - Tempat kita menyimpan file-file atau data mengenai website kita, misalnya jika kita ingin siapapun yang mengakses domain atau situs kita maka pengunjung tersebut akan melihat foto kita di halaman situs tersebut, maka kita tinggal letakkan foto kita di hosting tersebut. Bingung...? Penjelasannya singkatnya begini, kita anggap saja domain itu adalah sebuah alamat toko dan kemudian hosting tersebut adalah gudang, atau tempat kita memajang barang-barang dagangan kita di toko tersebut.
    CATATAN :
    Untuk perusahaan kecil yang bergerak dalam bidang retail, jika ingin menekan biaya cost juga tetap bisa memiliki web..
    Kita dapat menggunakan email yahoo dimana ada layanan situs gratis dari yahoo.com yakni www.geocities.com , namun nama domainnya tidak bisa kita ubah harus memakai embel-embel geocities.com sebagai penyedia layanan ini. jadi misalnya alamat email yahoo kita adalah retailcompany@yahoo.com maka alamat situs gratis kita di geocities.com adalah www.geocities.com/retailcompany kalau mau pakai domain sendiri misalnya www.nama-anda.com , atau tanpa embel-embel geocities.com tersebut maka kita harus membeli dan mendaftarkan domain kita.

Langkah 3 :
Promosikan website kita...!
Salah satu langkah membuat website itu berhasil adalah mempromosikannya. Sangat disayangkan jika anda memiliki website yang bagus tapi tidak ada yang mengenalnya. Ada banyak cara untuk mempromosikan website kita (iklan banner, dari mulut ke mulut, beriklan di media massa, dll). Tetapi salah satu cara yang paling penting dan terbukti efektif adalah dengan pertukaran banner dan mendaftarkannya pada search engine di internet (seperti Alta Vista, Google, Fast Search, HotBot, Lycos, Excite, NetCrawler,dll).

Langkah 4 :
Analisa hasil website...!
Setelah kita mempromosikan website, kita dapat melihat web statistik yang tersedia pada conntrol panel kita. Di control panel dapat dilihat statistik jumlah pengunjung perhari, perminggu, perbulan, mayoritas dari negara apa saja, ISP mana, masuk dari website mana, dsb.

Setelah kita mengetahui pengertian dari website, kegunaan website, dan langkah-langkah mudah dalam pembuatan website sekarang kita akan membahas mengenai pedoman bagi perusahaan retail mengenai langkah-langkah penting dalam membuat sebuah website dan bagaimana melakukan managementnya.


Langkah 1:
Ditinjau dari model infrastruktur e-business berdasarkan 5 layer yang terbagi menjadi :



Langkah 2 :
Ditinjau dari Product & Servicenya untuk perusahaan retail.
Untuk perusahaan retail, hal penting yang perlu diperhatikan dalam product & service diantaranya:

  • Online advertising & communicating.
    Selain katalog, brosur, maupun iklan di media cetak dengan memiliki website di internet dapat memperluas jaringan promosi. Selain itu pelaku bisnis dengan para customer dapat saling melakukan komunikasi baik melalui email ataupun informasi kontak&saran, bahkan interaksi lain yang dapat dilakukan antara lain: dapat melakukan ajang traksaksi jual beli, forum diskusi, upload/download file, dll.
  • Customer Relation Management (CRM)
    Dengan adanya CRM, kita dapat melakukan dan memberikan treatment kepada para customer kita. Ibaratnya pembeli adalah raja. Disini kita bisa mengetahui data-data mengenai customer dan memberikan treatment khusus seperti memgirimkan ucapan saat hari ulang tahunnya ataupun pada event-event special lainnya.

Langkah 3:
Maintenance & Service untuk perusahaan retail.
Banyak masalah yang dapat timbul dalam penggunaan website dalam internet diantaranya power failure, masalah data (data corrupt), request time out, connection error yang disebabkan karena sistem down, masalah yang terjadi dalam website (too slow & not available), email tidak terbalas, pesanan produk tidak dikirim tepat waktu, privasi customer tidak terjamin, dan sebagainya. Maka itu diperlukannya penanganan intensif dalam hal ini.
Ada beberapa cara dalam penanganan terhadap masalah-masalah yang sering terjadi diantaranya :

  • FAQ (Frequently Asked Question)
    Hal ini dapat membantu pengunjung untuk mengatasi serta menjawab permasalahan yang sedang dihadapi. Karena FAQ ini berisi sekumpulan pertanyaan yang sering diajukan oleh customer.
  • Consultant Support Site (bagian Administrasi)
    Disini seorang administrasi bertugas untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan perkembangan website tersebut. Diantaranya :
    - modifikasi website terhadap produk & informasi baru.
    - memberi tanggapan kepada customer baik berupa email ataupun halaman kontak dan saran.
    - menjaga site dari virus ataupun gangguan hacker dengan pengadaan sistem log-in&approval pada website.
    - mem-back up data jika sewaktu-waktu terjadi masalah data (data corrupt) sehingga tidak menggangu jalannya perusahaan.
    - dsb

Sekian ulasan dari saya mengenai penggunaan website pada perusahaan retail dan managementnya. Semoga yaaa semoga yaaaaa pak... =D
Terimakasih banyakkk......!

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda